arung jeram magelang

Arung Jeram Rafting Magelang

 

Sejarah Arung Jeram

Arung jeram bermula dari marinir Amerika Serikat yang memanfaatkan LCR, landing craft rubber, perahu pendaratan jika kapal perang tidak bisa merapat ke pantai. Perahu LCR ini berbentuk oval di depan dan berbentuk lurus di belakang, dengan dipasang kayu untuk menempelkan mesin pendorong. Kelemahan dari perahu karet jenis lcr adalah jika arah kapal berbalik dari arus sungai, maka bagian belakang yang lurus akan tegak lurus dengan arus air. Maka dibuatlah perahu khusus arung jeram magelang yang berbentuk oval di depan dan belakang, yang kini lazim disebut rafting boat.

Arung jeram magelang

Perkembangan arung jeram dimulai tahun 90an di Sungai Elo yang diawali oleh Palapsi, Pecinta Alam Psikologi UGM dan bule Inggris Michael. Kemudian tahun 1996 Citra Elo melatih pemandu arung jeram komersil. Sejak itulah perkembangan arung jeram magelang terus tumbuh sampai sekarang.

Rafting Sungai Elo

Sungai Elo mempunyai mata air di daerah Pringsurat Temangung dan berakhir di Sungai Progo di Desa Progowati Mungkid Magelang. Sungai yang digunakan untuk wisata arung jeram sepanjang 12 kilometer. Mempunyai tingkat kesulitan 2 dari skala IWA, International Whitewater Association. Perlu diketahui tingkat kesulitan arung jeram adalah 1-6, dimana kelas 1 adalah mudah, dan kelas 6 adalah air terjun, tidak mungkin dilalui.

Rafting Sungai Progo

Tingkat kesulitan di Sungai Progo lebih tinggi satu tingkat yaitu kelas 3. Untuk itu dianjurkan anda mencoba sungai Elo dulu sebelum berarungjeram di sungai progo. Track memanjang 7 kilometer dan waktu tempuh 2 jam nett di sungai.

Persiapan Fisik

Wisata arung jeram membutuhkan fisik yang prima, karena mayoritas anggota tubuh kita akan basah. Kondisi basah ini yang akan menguras kalori dan tenaga kita. Maka persiapkan dengan sarapan yang cukup, tidur memadai dan kondisi mental yang stabil.

Apa saja yang disiapkan

Anda pasti basah, maka bawalah pakaian ganti, alat mandi dan shampoo. Juga perlu disiapkan tas plastik untuk pakaian kotor anda. Jika anda berkacamata, siapkan juga tali kacamata agar aman saat terguncang di jeram sungai. Anda boleh membawa topi, sunblock dan sandal jepit atau gunung.

Apa yang tidak boleh dibawa

Barang berharga harus disimpan di tas, bagasi bus atau mobil anda, yaitu tas kecil, dompet, perhiasan emas, jam tangan. Jangan membawa uang atau rokok. Pasti basah atau seringkali hilang.

Dilarang ikut

Operator menetapkan batasan umur untuk ikut wisata arung jeram, yaitu dibawah 7 tahun dan diatas 55 tahun. Penderita epilepsi, jantung dan patah tulang juga dilarang, agar wisata berjalan lancar dan menyenangkan.

Tips terbaik

  • Tidur yang cukup
  • Sarapan bergizi
  • Banyak minum, aqua, air kelapa muda
  • Jangan basah sebelum separuh perjalanan
  • Ikuti perintah pemandu
  • Tetap tenang jika jatuh
  • Pindah posisi duduk di perahu, kanan dan kiri
  • Berdoa sebelum mulai

Call 0811-251-676

Wa 0816-696-171

Email: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *