arung jeram magelang

Lokasi Arung Jeram Magelang

Terletak di antara 2 Candi Borobudur dan Candi Mendut, rafting Magelang menyuguhkan pengalaman seru di Sungai Elo dan Progo di Magelang. Sungai sungai ini sudah sangat terkenal di luar negeri, terutama di Asia dan Eropa. sehingga jumlah tamu dari sana sudah lumayan banyak. Arung jeram di Magelang layak anda coba, sebagai atraksi yang mengesankan tak terlupakan.

Titik map google: https://goo.gl/maps/izgeSAUte2y2CkJz9

Rafting Sungai Elo

Panjang rute Sungai Elo 12 km, 3 jam, untuk pemula. Harga mulai IDR 600.000 per perahu kapasitas 4 orang. Cocok untuk umur 7-55 tahun, sepanjang sehat dan tidak sakit tertentu. Start point dari Desa Blondo, Kecamatan Mungkid dan finish point di Desa Mendut Kecamatan Mungkid. Rute ini tersedia sepanjang tahun.

Rafting Progo Atas

Panjang rute 9 km, 3 jam, untuk medium. Harga mulai 850.000 per perahu kapasitas 4 orang. Rute ini hanya tersedia saat musim hujan.

Fasilitas; Peralatan, transport lokal, snack kelapa muda, asuransi, pemandu. Gratis dokumentasi untuk grup/biro.

Yang perlu dibawa:

  1. Pakaian ganti, anda pasti basah

  2. Alat mandi, handuk

  3. Tali kacamata, bagi yang berkaca mata

  4. Pada saat rafting memakai pakaian ringan, disarankan celana dan kaos lengan panjang

  5. Memakai sunblock, bila perlu

  6. TIDAK BOLEH IKUT RAFTING: hamil, epilepsi, sakit jantung, fraktur, asma akut

  7. TIDAK BOLEH DIBAWA SAAT RAFTING: semua barang berharga, perhiasaan, kamera, hp, dompet, kunci mobil, jam tangan.

Kontak Kami via WA 0816-696-171 tatau telpon 0811-251-676

#arungjerammagelang #arungjeramelo #hargaraftingelo #raftingelo #raftingmagelang #arungjerammurah

Sejarah Arung Jeram

Saat sebelum terkenal, rafting tadinya dikira olah raga ekstrim, hanya dicoba oleh golongan tertentu. Rafting ataupun arung jeram konon ditemui oleh orang yang berasal dari daratan Amerika, tetapi terdapat pula yang mengatakan bila sejarah olah- raga arung jeram tersebut berasal dari Eropa. Lepas dari benar tidaknya kabar tersebut, yang jelas tipe olah- raga ekstrim ini terlahir sebab kebutuhan. Awal mulanya peranan olahraga arung jeram ini adalah untuk penyelamatan diri sekaligus menolong orang lain, seperti pada masa Perang Dunia II. Dulu, masyarakat Amerika merancang perahu dengan wujud keranjang yang digunakan buat fasilitas perang yang disebut dengan basket boat.

Arung Jeram di Indonesia

Di Negeri kita, sejarah aktifitas arung jeram sesungguhnya telah ada dari dahulu, tengok saja warga tradisional yang mempunyai rumah di tepian sungai dengan arus deras. Orang- orang tersebut sudah lama memakai rakit dari bambu yang digunakan untuk perlengkapan angkutan menyeberang sungai ataupun mengarungi sungai. Tujuan dari mengarungi sungai merupakan menjelajahi sungai mulai dari hulu ataupun kampung mereka ke pemukiman yang lebih besar guna mencari santapan ataupun mencari hewan untuk dimakan.

Belum lama ini arung jeram ini sangat diminati oleh warga modern yang mau mencoba keberanian sekalian memacu adrenalin. Fungsi dari arung jeram adalah untuk memahami alam serta salah satu cara melatih kesabaran serta kerja sama dalam kelompok. Jadi fokus aktivitas ini bukan hanya berhura- hura semata melainkan bisa melatih kekompakan dalam organisasi.

Tadinya, perlengkapan buat mengadakan arung jeram ini dibuat dari rakitan bambu. Tetapi saat ini bersamaan pertumbuhan jaman, perlengkapan arung jeram bergeser menjadi perahu karet yang lebih ringan serta gampang untuk dimobilisasi. Sejarah olahraga arung jeram ini dipopulerkan pada tahun 1970 oleh masyarakat Amerika Serikat. Semenjak seperti itu aktivitas arung jeram ini jadi popular serta gaya hidup warga modern, mulai dari riset alam ataupun piknik sehingga saat ini berolahraga ini sangat mewabah.

Di Indonesia sendiri, sejarah berolahraga arung jeram ini di mulai dari sungai Citarum Bandung dari Jawa Barat yang setelah itu memasuki ke banyak sungai di segala daerah Indonesia. Mulanya orang yang mau melaksanakan aktivitas arung jeram ini agak takut menimpa keselamatan pada dikala berlangsung terjangan arus, bakal namun saat ini standar keamanan lebih dicermati sehingga para partisipan arung jeram tidak butuh lagi takut buat melaksanakan rafting dengan nyaman serta nyaman.

Jenis Perahu Rafting

Perahu karet dengan tipe Landing Craft Rubber ( LCR ) merupakan salah satu tipe perahu karet spesial buat rafting. Perahu karet dengan desain yang kokoh serta terbuat dari bahan yang bermutu, yang banyak digunakan di negara- negara Eropa serta Amerika. Sebab sungai- sungai yang terdapat di negeri tersebut berkategori sungai dengan arus yang sangat deras hingga dalam rafting diperlukan perahu karet yang kokoh serta tangguh. Tipe perahu rafting semacam Landing Craft Rubber sangat mahal serta tidak gampang buat dapat mendapatkannya.

Perahu karet dengan tipe Oval merupakan perahu karet spesial buat rafting pula, berupa Oval dengan desain spesial ialah pada bagian haluan serta buritan berupa sedikit mencuat yang bertujuan biar perahu sanggup melindungi kestabilan posisi di dikala melewati arus yang deras. Perahu karet tipe Oval kerap digunakan dalam arung jeram di Indonesia, sebab lumayan memakai perahu ini rafting bisa dicoba. Terdapat 2 tipe perahu rafting Oval ialah tipe Non Self Bailing Floor serta Self Bailing Floor.

Jenis Pelampung Arung Jeram

Ada 5 jenis pelampung penyelamat diarung jeram:

1. Offshore Life Jacket

Jenis ini memanglah dirancang buat keadaan perairan terbuka, mengkondisikan wilayah wajah senantiasa terletak di atas sebab didukung 20 poundn spon apung. Pada suasana darurat dan pertolongan tertunda, Jaket ini dirancang buat dapat tahan lama.

2. Near- Shore Vest

Jenis klasik, umumnya dapat buat berusia serta kanak- kanak. Dirancang buat suasana air tenang serta tidak berarus. Hendaknya rescue segera dilakukan.

3. Flotation Aid

Jenis ini yang kerap digunakan , wujudnya sangat aman, banyak alterasi, wujud serta tipenya. Jenis standar ini pula buat penyelamatan di perairan yang tenang.

4. Throwable Device

bantal ataupun cincin pelampung yang dirancang buat dilempar kepada seorang dalam kesusahan. Mereka tidak sepanjang berjam- jam di perairan, tidak dapat berenang ataupun tidak siuman.

5. Special Use Device

Diucap pula jaket hybrid( gabungan), memakai rompi spesial yang pula dapat dipergunakan buat bekerja. Rompi spesial ini pula menaikkan perlengkapan tiup buat menunjang energi apung lebih besar.